Kamis, 29 Februari 2024

Wajah Glowing? Pakai Masker Pegagan

 

Hai, teman-teman, bagaimana kabar hari ini? Oya, apakah Teman-teman sudah perawatan wajah hari ini? Wajah merupakan salah satu bagian tubuh yang selalu dilihat orang lain. Oleh sebab itu hampir semua orang mengutamakan perawatan wajah dibanding bagian tubuh yang lain.

Temen-teman pasti tahu, bahwa tidak semua bahan kosmetik bisa memberi manfaat jangka panjang. Ada bahan-bahan kosmetik yang memberi dampak buruk untuk pemakaian jangka panjang.

Berdasar hal tersebut, banyak wanita yang sekarang beralih menggunakan bahan alami untuk perawatan wajah. Bahan alami dari tumbuh-tumbuhan. Tumbuhan apa saja yang bisa digunakan sebagai pengganti kosmetik pabrikan?

Salah satu tumbuhan yang bisa diambil manfaatnya untuk kecantikan adalah pegagan. Pegagan dalam bahasa latinnya adalah centella asiatica.  Tumbuhan bisa tumbuh di kebun, ladang, pematang sawah atau di tepi jalan. Daun pegagan bentuknya kecil, bulat, warnanya hijau tua, dan batangnya kecil panjang. Tumbuhan ini mengandung Daun pegagan memiliki sifat antiradang, antibakteri, dan antioksidan yang penting dalam proses penyembuhan luka. Selain itu, berbagai riset pun menyatakan bahwa daun pegagan dapat meningkatkan produksi kolagen yang juga baik untuk menyembuhkan luka pada kulit.

Pegagan ini bisa dimanfaatkan sebagai salah satu bahan perawatan wajah. Teman-teman bisa mencoba ramuan daun pegagan ini untuk membuat masker.

1.    Ambil segenggam daun pegagan. Cuci bersih. Remas-remas hingga hancur.

2.    Tambahkan minyak zaitun atau minyak esensial

3.    Campurkan semua bahan dengan air

4.    Tambahkan tepung beras secukupnya

5.    Campur dengan rata dengan kekentalan cukup

6.    Gunakan sebagai masker selama 15-20 menit

7.    Bilas dengan air bersih.

Daun pegagan bisa memberi efek lembab, mencegah penuaan dini, mencegah peradangan, dan melancarkan peredaran darah. Dengan kata lain bisa membuat wajah glowing. Cara lain memanfaatkan daun pegagan adalah dengan dikonsumsi langsung. Bisa dicampur dengan telur dadar,  jus sayur dan buah, atau sebagai lalapan.

Nah, bagaimana teman-teman? Berminat mencoba? Atau teman-teman ada referensi tumbuhan lain sebagai bahan kosmetik alami? Oya, teman-teman bisa juga membaca artikel Kak Asri, Kak Eka, dan Kak, Dewi juga yang terkait tema yang sama.

1 komentar:

  1. bahan alami selain untuk konsumsi ternyata juga bermanfaat untuk kecantikan ya kak

    BalasHapus